Selasa, 29 Oktober 2019

MENGATUR SKALA PRIORITAS DALAM BEKERJA

1. ANALISA PEKERJAAN
Menganalisa pekerjaan adalah kunci utama dala menyusun sebuah prioritas. Dimana kita harus mampu memahami bagian sulit maupun bagian mudah dari pekerjaan yang akan kita kerjakan. Sehingga kita bisa  menentukan bagian mana dulu yang akan kita kerjakan. Kerjakan pekerjaan yang sulit terleih dahulu. Kenapa pekerjaan sulit dahulu ? akan kita bahas di artikel selanjutnya.
2. MENENTUKAN GOALS
Pahami tujuan dari pekerjaan kita. Dengan memahami tujuan kita akan lebih mudah untuk fokus pada tujuan utama kita, baru kita lanjutkan untuk tujuan berikutnya.
3. EVALUASI
Melakukan evaluasi ini terkait tingkat pentingnya atau mendesaknya suati pekerjaan yang telah dilakukan atau sebelum dilakukan. Dimana Anda harus mempertimbangkan berbagai aspek dari pekerjaan yang akan dikerjakan. Seperti misalnya besar pengaruh sebuah pekerjaan terhadap diri sendiri, orang lain atau suatu tim pekerjaan. Sehingga dengan hal ini dapat membantu pekerjaan yang paling penting untuk diselesaikan terlebih dahulu. Evaluasi sangat penting untuk individual maupun pekerjaan secara team.

4. SCHEDULE
Atur timeline dan deadline pekerjaan kita. Dengan mengetahui deadline pekerjaan akan membantu kita untuk tetap fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan dan lebih terarah.
5. MENYARING KEGIATAN
Ketika sudah melakukan pemilihan mana yang penting maka sebaiknya juga melakukan penyaringan kegiatan atau pekerJaan mana yang harus dikerjakan dan mana yang bisa ditunda untuk sementara waktu. Karena saat sudah tertumpuk, kemungkinan kita kan lupa pekerjaan yang masih memiliki korelasi dengan tujuan kita.
6. MENGGABUNGKAN PEKERJAAN
Menggabungkan pekerjaan memiliki maksud jika ada beberapa pekerjaan yang dapat diselesaikan dalam satu waktu atau bersamaan maka dapat menghemat waktu dan bisa diselesaikan dengan cepat. Akan tetapi hal ini rentan terjadinya ketidakfokusan seseorang dalam bekerja sehingga untuk menggabungkan pekerjaan perlu adanya cara khusus. Seperti misalnya menggabungkan pekerjaan yang memiliki jenis atau cara penyelesaian yang hampir mirip sehingga dalam pengerjaannya pun lebih mudah dan tidak begitu membuat konsentrasi menjadi berantakan.
7. MENGHINDARI KEBIASAAN BURUK
Jika telah mengatur skala prioritas dalam bekerja dengan baik tetapi masih melakukan kebiasaan buruk seperti kebiasaan menunda-nunda pekerjaan dan tidak memiliki tekad yang kuat untuk segera menyelesaikan pekerjaannya. Maka hal itu pun juga tidak akan membuat skala prioritas yang sudah dibuat dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan. Hal tersebut pun bukan hanya membuat pekerjaan tidak selesai dengan baik dan tepat waktu tetapi juga berdampak pada kemajuan karir kedepannya. Sehingga ketika Anda menginginkan agar pekerjaan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu maka Anda harus menghindari kebiasaan-kebiasan buruk yang dapat merusak skala prioritas yang telah dibuat.
Pada dasarnya dalam kehidupan ataupun pekerjaan waktu adalah hal yang paling berharga. Sudah sepantasnya untuk menggunakan waktu sebaik-baiknya dan mengerjakan kegiatan yang bermanfaat. Sehingga hal ini pun menjadikan seseorang yang memiliki pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun