Rabu, 26 Januari 2011

MENJADI PENGGUNA INTERNET YANG BIJAK


Saat ini perkembangan dan kemajuan terus terjadi. Termasuk perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat. Mulai dari alat sederhana seperti Handphone hingga perkembangan tekhnologi computer. Hampir setiap kalangan entah di pelosok maupun di perkotaan, anak – anak maupun dewasa, pelajar maupun penganggur, semua mengenal dan tahu mengenai computer dan internet. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang dalam kesehariannya hanya ada “ SAYA, INTERNET & GAYA HIDUP”-ku.  Meski tidak semua yang tahu mengenai komputer bisa mengoperasikannya dengan mahir, minimal mereka mengetahui perkembangan dalam tekhnologi ini.
Banyak sekali kegunaan yang dapat kita peroleh dari perkembangan tersebut, terutama dalam mendapatkan kemudahan untuk memperoleh informasi melalui dunia maya. Dalam hal ini internetlah yang memiliki peranan penting. Selain itu, dengan menggunakan internet, komunikasi dengan seseorang yang berada di tempat yang jauh akan menjadi lebih mudah. Sehingga seolah tidak ada batasan lokasi untuk berkomunikasi dan menjalin silaturahmi dengan sesame. Dunia pun seolah mengecil dengan adanya internet karena banyak hal dari tempat lain yang dapat kita peroleh dengan begitu mudahnya.
Selain itu, masih banyak lagi kegunaan dari internet itu sendiri. Kita bisa melakukan bisnis dan promosi usaha melalui media internet. Kita juga bisa mengembangkan usaha yang telah kita kelola melalui internet, mengingat jangkauan dari internet yang sangat global hingga seluruh penjuru dunia. Banyak informasi yang bisa kita peroleh dengan surfing di internet. Dengan mengetikkan “keyword” dari apa yang akan kita cari, maka dalam sekejap segala hal mengenai kata tersebut akan dapat kita peroleh.
 Namun di sisi lain dari begitu banyak manfaat yang dapat kita peroleh, internet juga menyimpan banyak efek negative yang dapat ditimbulkannya. Bagi mereka yang tidak memiliki etika baik dalam berinternet maupun dalam komunikasi di dunia maya, internet adalah media yang sangat disukai untuk melakukan aksinya. Dari yang hanya bertujuan untuk iseng – iseng usil, hingga dengan tujuan untuk menebarkan kekhawatiran public maupun untuk melakukan tindakkan yang menjurus ke tindakan kriminal. Tidak jarang tindakan criminal yang dilakukan dengan media ini. Yang paling sering terjadi adalah tindak penipuan dan penculikan dengan media internet ini.
Dengan adanya perbandingan efek negative yang dapat ditimbulkan dari internet dan kegunaannya, dimana keduanya memiliki prosentasi yang hamper sama, maka kendali dari diri kita sendiri adalah hal yang paling mendasar yang dapat membentengi diri kita dari efek negative tersebut. Kita memberi batasan – batasan terhadap diri kita sendiri untuk terhindar dari segala kemungkinan terburuk, sehingga kemanfaatan dari internet yang kita peroleh dan bukan efek negative dari internet yang menimpa kita, Memang kita tidak bisa mengelak terhadap perkembangan tekhnologi ini. Namun setidaknya kita bisa meminimalisir akibat yang negative dari internet dengan memberikan batasan – batasan pada diri kita.  Jadilah pengguna internet yang bijak dengan memiliki batasan – batasan dan etika baik dalam berinternet. Maka yang kita dapatkan adalah kebaikan dan bukan akibat buruk dari internet.

Artikel ini ditulis untuk berpartisipasi dalam Bhinneka Blog Competition 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun