Minggu, 23 Oktober 2011

Manajemen dan Bisnis

Saya akan coba sesuatu yang baru, nah kali ini saya akan mencoba membahas pokok bahasan Ekonomi. Bahasan kali ini adalah mengenai Manajemen dan Bisnis. Bicara mengenai hal tersebut tidak lepas tentang bahasan mengenai organisasi. 
Pengertian mengenai organisasi sendiri ialah sekelompok orang yang bekerja sama dalam struktur dan koordinasi tertentu dalam mencapai tujuan tertentu. ( Griffin, 2002 )
Sedangkan menurut Ernie dan Kurniawan organisasi adalah sekumpulan orang yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya mewujudkan tujuan tersebut melalui kerjasama.

Sedangkan tujuan dari suatu organisasi terbagi atas beberapa pembagian tergantung fokus dati tujuan organisasi tersebut. Pembagian tersebut antara lain adalah untuk memperoleh laba sebanyak mungkin, mencapai target volume penjualan produk, dan untuk pencitraan nama baik organisasi tersebut.

Sedangkan pembagian organisasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu organisasi Prifit dan non- Profit. Contoh untuk organisasi profit misal adalah perusahaan besar dan kecil, koperasi, perusahaan multinasional dsb. Sedangkan perusahaan non - Profit atau nirlaba contohnya adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah kota, lembaga pendidikan negeri, yayasan sosial dsb.

Berbicara tentang organisasi, tentu tidak lepas dari sumber daya di dalamnya. Sumber daya perusahaan / organisasi dibagi atas 5 pembagian, diantaranya :

  1. Sumber daya manusia
  2. Sumber daya informasi
  3. Sumber daya fisik ( Asset )
  4. Sumber daya keuangan ( Modal )
  5. Sumber daya Alam

Pembahasan mengenai sumber daya perusahaan akan saya bahas pada posting berikutnya.

Efektif dan efisien ( Drucker )
Efektif : Mengerjakan pekerjaan yang benar / tepat.
Efisien : Mengerjakan pekerjaan dengan benar.

Manajemen sendiri memiliki beberapa fungsi, yaitu :
  1. Fungsi perencanaan ( Planning ) : Proses yang menyangkut upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan dimasa yang akan datang dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi.
  2. Fungsi Pengorganisasian ( Organizing ) : Proses yang menyangkut bagaimana strategi dan taktik yang telah dirumuskan dan di desain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh, sistem dan lingkungan yang kondusif dan dapat memastikan bahwa semua pihak dalam organisasi dapat bekerja secara efektif dan efisien guna pencapaian tujuan organisasi.
  3. Fungsi pengarahan dan Implementasi ( Directing / leading ) : Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak dalam organisasi. Serta proses motivasi agar semua pihak tersebut dapat menjalankan tanggung jawabnya dengan penuh kesadaran dan produktivitas yang tinggi.
  4. Fungsi pengawasan dan Pengendalian ( Controlling ) : Proses yang dilakukan untuk memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan, diorganisasikan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai dengan target yang diharapkan sekalipun berbagai perubahan terjadi dalam lingkungan bisnis yang dihadapi.

Ben Susilo
Source : Materi kuliah P. Bisnis, Fakultas Ekonomi, Universitas Semarang ( USM )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun