Jumat, 30 Juli 2010

Merubah Tampilan Windos XP Menjadi Vista


Tampilan sistem operasi Windows Vista memang mempesona. Berbagai fitur baru seperti Windows Sidebar, User Account Control (UAC), Parental Control, SuperFetch dan ReadyBoost memberikan nilai tambah bagi para penggunanya. Namun ada satu fitur yang sangat menonjol bernama Windows AERO yang dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan window yang transparan (seperti kaca), animasi pada icon beresolusi tinggi, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X.
Tampilan Windows Vista yang menonjolkan efek gelas kaca membuat banyak orang bertanya, apakah tampilan tersebut bisa diwujudkan dalam versi Windows sebelumnya seperti Windows XP. Sebab sebagian pengguna Windows XP masih enggan beralih ke Windows Vista karena dukungan driver untuk beberapa hardware belum ada. Selain itu, berbagai software yang sering digunakan masih banyak yang belum berjalan sempurna di dalam lingkungan Windows Vista. Belum lagi tuntutan Windows Vista yang haus memori dan hardware berspesifikasi tinggi.
Untunglah harapan menikmati tampilan Vista di Windows XP bisa menjadi kenyataan. Ada beberapa software yang dirancang khusus untuk mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista. Kebanyakan software itu sangat mudah menjalankannya sebab hanya memerlukan sekali instalasi dan restart. Namun satu hal yang harus diwaspadai, data-data penting sebaiknya di-backup sebelum menjalankan software-software tersebut.
Tulisan ini menawarkan dua cara untuk mengubah tampilan Windows XP lama menjadi bercitarasa Vista. Cara pertama (memodifikasi uxtheme.dll) tidak terlalu membebani sistem Windows namun sedikit ngejelimet sedangkan cara kedua relatif mudah sebab hanya dengan beberapa kali klik tampilan Windows yang tadinya membosankan berubah menjadi lebih sedap dipandang. (UnitedFool.com)
CARA PERTAMA
Download File yang Diperlukan
1. Periksa Windows XP Service Pack apa yang Anda gunakan. Tekan tombol keyboard berlogo Windows + tombol Pause/Break secara bersamaan untuk membuka jendela system properties. Di situ akan terlihat Service Pack apa yang Anda gunakan, misal Service Pack 2.
2. Download lalu unzip file uxtheme.dll yang diperlukan. Jika Anda menggunakan:
• Service Pack 1 download dari : http://rapidshare.com/files/109536556/UxThemePack_SP1.zip
• Service Pack 2 download dari : http://rapidshare.com/files/109536773/UxThemePack_SP2.zip
• Service Pack 3 download dari : http://rapidshare.com/files/109536556/UxThemePack_SP3.zip
3. Anda perlu mengunduh lalu unzip Replacer dari http://www3.telus.net/_/replacer/ (unduh stable version) atau dari http://rapidshare.com/files/109536407/Replacer.zip. Replacer dengan cerdik mengganti system files bawaan Windows dan melakukan backup agar bisa kembali ke system files asli seandainya proses pergantian bermasalah.
*Note: Bila Anda meng-uprade XP dari SP1 atau XP SP2 menjadi XP SP3, file UXTheme yang sudah Anda patch sebelumnya menjadi tidak berfungsi dan Anda tidak bisa menggunakan theme buatan pihak ketiga. Anda harus melakukan patch ulang UXTheme yang diperuntukkan untuk XP SP3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun