Sabtu, 13 November 2010

Simple Present Tense


Belajar Bahasa Inggris bukanlah hal yang mengerikan dan sulit, sebenarnya English is Fun, i could enjoyed this lesson when i at Senior High School..... Salah satu materi yang paling tidak disukai dalam pelajaran English ini yaitu Tenses.
Materi pertama yang di bahas dalam belajar grammar tenses bahasa inggris yaitu The Simple Present Tense. The Simple Present Tense adalah tenses yang paling sering digunakan, dan karena paling banyak maka pembahasannya juga akan lebih panjang, dan juga mungkin akan bosan membacanya. But jangan kwatir karena English is Funny, so enjoy it.
Arti simple sendiri yaitu sederhana, sedangkan arti present adalah sekarang. Jadi dengan kata lain Simple Present adalah tenses (pola kalimat) yang digunakan untuk menceritakan waktu sekarang dalam bentuk sederhana. Nama lain daripada Present adalah BENTUK 1.
Jadi kapanpun Anda melihat kata present dalam tenses apapun, bisa dipastikan bahwa dia menggunakan bentuk V1 – bentuk apa? ya bentuk verb, karena semua predicate itu wajib verb bukan, coba lihat posting awal grammar basic ini. Coba lihat contoh-contoh kalimat dengan menggunakan Simple Present dibawah ini :
TOBE
I am a teacher
You are a teacher
We are teachers
They are teachers
He is a teacher
She is a teacher
It is my cat
Kalau Anda amati, maka kalimat diatas semuanya menggunakan PREDICATE-1 atau predikat dalam bentuk 1, lihat saja tobe nya tidak lepas dari IS – AM – ARE. Contoh diatas adalah The simple present tense dalam bentuk nominal, karena semua kalimatnya menggunakan tobe-1.
Ada bentuk lain dari Simple Present, yaitu The Simple Present Tense dalam bentuk VERBAL. Yaitu yang tidak menggunakan tobe melainkan menggunakan verb ( kata kerja ). Untuk saat ini cukup kita simpulkan bahwa ada 2 (dua) jenis Simple Present yaitu :
1. Nominal Simple Present
2. Verbal Simple Present
Untuk mengubah kalimat NOMINAL SIMPLE PRESENT dari bentuk netral ( positif ) kedalam bentuk negative (menyangkal) ataupun interrogative (bertanya) sangatlah mudah, amati contoh dibawah ini :
(+) You are a teacher
(- ) You are NOT a teacher
(? ) Are you a teacher?
Okey, silahkan anda pahami dan cermati, lalu tugas anda adalah membuat ketiga bentuk di atas masing - masing 10 kalimat..... "just intermezzo..."
Sekarang kita lanjutkan pada pola kalimat VERBAL SIMPLE PRESENT – yaitu simple present yang tidak menggunakan tobe, tetapi VERB1 sebagai predicate1 nya.. Amati contoh berikut
Subjective
Pronouns Example
I work
You work
We work
They work
He works
She works
It works
Lihat, untuk awalan HE, SHE, IT , formulanya adalah V+s. Amati kembali contoh berikut ini :
He runs every morning
She teaches English
John has an English books
Untuk kata kerja yang berakhiran bunyi DESIS (hissing sounds – x, ch, s, sh), kita menggunakan akhira _es. sehingga menjadi : teaches, mixes, washes, kisses .. dsb
Amati kembali contoh kalimat ini :
3. (study) -> John studies
15. (pray) ->John prays
Sama - sama berakhiran "y" tapi diberi tambahan berbeda, apa sebabnya ?
Untuk verb study – sebelum huruf Y adalah huruf konsonan D, itulah sebabnya menjadi STUDIES
Untuk verb pray – sebelum huruf Y adalah huruf vokal A, itulah sebabnya tetap PRAYS
Perubahan Kalimat Negative dan Interrogative
I
You DON’T (do not) GO
We
They
contoh : I don’t go, You don’t go, We don’t go, They don’t go. Selanjutnya amati sbb.
He
She DOESN’T (does not) GO
It
Amati, pada kalimat negative/interrogative yang berawalan He, She, It kata kerja nya (verb) nya kembali normal TIDAK MENGGUNAKAN +S lagi karena sudah ada DOES.
(+) You read
(-) You DON’T read
(?) DO you read?
(+) He writes
(-) He DOESN’T write
(?) Does he write?
Amati contoh yang lain berikut ini :
(+) You have a girlfriend
(-) You DON’T have a girlfriend
(?) DO you have a girlfriend?
(+) He has a book
(-) He DOESN’T have a book
(?) DOES he have a book?
Okey.... i think is enaugh.... continued next meet.... see ya next time....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun