Rabu, 20 Oktober 2010

Technologi Resistive vs Capasitive pada Touchscreen


Touchscreen merupakan suatu piranti elektronika yang memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai output (penampil UI) dan sebagai input perintah. Saat ini layar bertipe touchscreen sudah banyak diaplikasikan pada berbagai macam gadged, seperti Handphone, kamera digital, Mp3 player dsb.
Cara Kerja Touchscreen
Cara kerja layar tipe touch adalah sbb :
Secara sederhana, cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima di permukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tersebut sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan icon atau gambar tersebut yang memicu jalannya perintah, tetapi koordinat dari sentuhan itu yang memicu adanya respon. Untuk logikanya kira - kira seperti ini : "Jika koordinat = (x,y) maka kerjakan perintah X".
Macam-Macam Touchscree
secara sekilas semua layar sentuh terlihat sama, tetapi teknologi yang digunakan ternyata berbeda-beda. Macam-macamnya adalah sebagai berikut :
A. Resistive Touchscreen
ayar sentuh ini memanfaatkan perbedaan nilai tahanan (resistansi) untuk menentukan posisi koordinat sentuhan. Sistem resistive terdiri dari kaca yang dilapisi oleh dua lapisan bahan metal. Lapisan bahan metal yang pertama mampu mengantarkan listrik, satunya tidak bisa. Di atas kedua lapisan itu terdapat sebuah lapisan anti gores. Di situlah tempat pengguna layar sentuh melakukan aksinya. Saat monitor menyala, arus listrik dialirkan di antara kedua lapisan metal. Ketika disentuh, kedua lapisan metal itu saling bersentuhan mengakibatkan perubahan resistansi pada daerah yang disentuh. Perubahan itu kemudian dicatat dan koordinat sentuhan pun ditentukan.

B. Capasitive Touchscreen
Layar sentuh ini memanfaatkan perbedaan nilai kapasitansi untuk menentukan posisi koordinat sentuhan. Berbeda dengan resistive, sistem capacitive hanya memiliki
sebuah lapisan yang diletakkan di bagian kaca monitor. Pada saat lapisan yang menyimpan muatan listrik itu disentuh, sedikit muatan listrik akan ditransfer ke jari penyentuh. Akibatnya muatan listrik di lapisan itu berkurang. Pengurangan itu kemudian diukur oleh sirkuit-sirkuit yang terletak di setiap sudut monitor. Setiap sirkuit memberikan nilai yang berbeda, tergantung posisi sentuhan. Setelah pengukuran selesai, komputer menentukan posisi sentuhan berdasarkan perbedaan nilai yang diberikan oleh sirkuit.

Lalu apa perbedaan antara kedua jenis layar bertechnologi touch ini ?
Langsung saja berikut paparannya :

a. Cara Kerja :

Capacitive
bekerja dengan cara mengukur interaksi antara sinyal elektrik pada transparent grid di atas layar dan jari tangan pengguna.

Resistive
bekerja dengan cara memanfaatkan dua lapisan tipis transparan di atas layar dan mengukur perbedaan resistensi antara kedua lapisan saat disentuh

b. Kelebihan dan kekurangan :

Capacitive :

sangat ‘smooth’ untuk dioperasikan karena hanya membutuhkan keberadaan jari tangan, tanpa tekanan.

Tampilan layarnya memiliki kejernihan hingga sekitar 90% dan bila terkena paparan sinar matahari tidak mempengaruhi kualitas tampilan.

Mendukung diaplikasikannya Multitouch.

Namun kelemahannya adalah tidak mendukung penggunaan stylus. Terlebih lagi jenis layar sentuh yang ini tidak bisa digunakan sama sekali saat menggunakan sarung tangan atau menggunakan media lain selain jari kita. Jadi yang suka jenis layar ini biasanya orang yang suka menjaga kebersihan kuku dan jarinya... hehe cuma intermezzo.

Resistive :

sensitif terhadap tekanan, mendukung penggunaan stylus, plectrum, dan benda sejenisnya. Tidak ada pengaruh walaupun menggunakan sarung tangan yang tebal.

Lebih murah dibuat namun tidak mendukung multi finger touch (jika pengguna menyentuh layar dengan lebih dari 1 jari, gadget tidak bisa menentukan posisi sentuh dengan akurat). Tampilan layarnya tidak sejernih jenis capacitive.

Pada beberapa gadget terbaru sistem resistive sudah dimodifikasi dengan adanya kinetic scrolling sehingga memudahkan proses geser halaman seperti pada sistem capacitive i-phone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun