Rabu, 11 April 2012

Kemenangan Dramatis Lorenzo di Moto GP Losail 2012

Sebenarnya saya bingung mau share apaan nih. Dari pada terus - teusan bingung mending share aja tentang gelaran Moto GP ahad lalu di sirkuit Losail, Qatar. Memang sangat telat sih, tapi tidak apalah itung - itung latihan nulis juga.

Ahad, 09 April 2012. Start kelas Moto GP dimulai pukul 02.00 dini hari. Yang sebelumnya diawali dengan kelas 125 cc dan kelas Moto 2. Starting grid row terdepan untuk kelas Moto GP sendiri diisi oleh pembalap yang sudah langganan. Start di posisi pertama pembalap dari YFR ( Yamaha Factory Racing ) Team Jorge Lorenzo, menguntit di belakang pembalap dari Repsol Honda Casey Stoner. Kejutan terjadi kala posisi start ke tiga diisi oleh pembalap dari Yamaha Tech3 Cal Crutchlaw.


Saat start dimulai, Lorenzo langsung melejit terdepan diikuti Stoner dan Pedrosa yang menerobos ke depan. Sempat memimpin beberapa lap, Stoner berhasil menyalip Lorenzo di trek lurus menjelang garis start. Sejak saat itu, stoner terus mencoba membuat gap yang cukup jauh dengan rider di belakangnya. Stoner pun berhasil membuat gap sejauh 2 detik dari Lorenzo yang berada di posisi ke dua yang tengah berduel dengan Pedrosa kompatriot Stoner di Repsol.

Posisi ke dua Lorenzo sempat diambil alih oleh Pedrosa. Namun berkat kematangan skill dan mental juara Moto GP 2010 ini, ia kembali merebut posisi keduanya. Sementara Lorenzo masih berduel dengan Pedrosa, Stoner yang jauh di depan terus melaju tanpa ada gangguan dari rider lain.

Persaingan seru tak hanya terjadi di leading group. Perebutan posisi ke empat juga berlangsung sangat seru antara dua rider muda berbakat dari team yang sama yakni Dovizioso dan Crutchlaw dari Yamaha Tech3. Mereka saling menempel ketat satu dengan yang lain. Dovizioso berada tak lebih dari 0,2 detik di depan crutchlaw.

Hingga menjelang race berakhir pun balapan masih berlangsung sengit. Lima lap menjelang akhir balapan, Stoner yang sejak awal perkasa pun mulai kehilangan grip ban motornya. Siuasi ini pun dimanfaatkan dengan cerdik oleh Lorenzo yang sempat tertinggal 2 detik di belakang. Perlahan tapi pasti, Lorenzo memangkas jarak waktu dengan Stoner. Dua lap tersisa, posisi pertama pun berhasil diambil alih oleh pembalap spanyol tersebut. Belum selesai di situ nasib malang Stoner, ia pun diovertake oleh rekan setimnya Pedrosa. Situasi ini terus bertahan hingga garis finis dengan Lorenzo di podium puncak, diikuti Pedrosa dan Stoner. Dengan kemenangan ini, Lorenzo mematahkan dominasi Stoner di sirkuit Losail ini.

Sementara duel untuk posisi ke empat antara Dovi dan Crutchlaw dimenangkan oleh Crutchlau yang berhasil  mengovertake di lap akhir.

Kemalangan ternyata tak hanya dialami oleh Stoner semata. Rossi yang mengendarai Ducati Desmosedici gp 12 tak mampu berbicara banyak. Ia sempat melebar saat di tikungan dan posisinya melorot ke posisi 10. Rider yang juga tak cukup beruntung adalah Ben Spies, rekan satu tim Lorenzo di YFR. Motornya mengalami masalah hingga ia tak mampu bersaing dengan rider di depan.

Seri ke dua moto GP akan diadakan di sirkuit Jerez, Spanyol minggu, 29 April 2012 pukul 17.00 dan akan diawali engan kelas Moto2.

Reported by : Ben Susilo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun