Selasa, 14 Desember 2010

Tips Agar Baterai Laptop Lebih Awet


Bagi anda pengguna Laptop, performa sangatlah penting. Apa lagi sering kita gunakan untuk perjalanan jauh yang sulit untuk mendapat sumber tenaga listrik. Jadi daya tahan baterai sangatlah penting. Tidak lucu jika Laptop kita hanya bertahan hidup selama 2 - 3 jam doank, padahal tidak ada sumber listrik. Nah, erikut ini tips menjaga baterai laptop untuk menjaga baterai laptop agar tetap awet :

  1. Defrag Harddisk anda secara teratur, terutama saat anda menggunakan laptop dengan listrik. ini akan membuat harddisk bekerja lebih efisien, dan anda dapat menghemat pemakaian baterai laptop anda.
  2. Jangan gunakan Laptop pada permukaan yang empuk agar komponen yang ada pada laptop tidak mengalami panas yang berlebih yang dapat mengakibatkan kerusakan komponen yang ada didalamnya. Laptop biasanya memiliki lubang ventilasi berada di bawah dan disamping, untuk laptop yang memiliki lubang ventilasi di sebelah bawah maka ketika kita meletakan laptop di atas permukaan tatakan yang empuk akan membuat lubang ventilasi tertutup dan komponen laptop jadi kepanasan, lain halnya ketika kita meletakan laptop di tempat yang keras dan rata, maka apabila kita meletakan laoptopnya maka  lubang ventilasi laptop akan terbuka dan membuat suatu sirkulasi udara.
  3. Kurangi volume pencahaayan atau resolusi pada monitor laptop, atur sampai pada level tertentu untuk menekan kapasitas energi baterai laptop. Resolusi momitor yang tinggi akan menguras daya yang tinggi pula.
  4. Hindari multitasking yang tidak perlu. Tutup program-program lain seperti mesin pencari,musik,game, yang tidak anda gunakan kecuali program penting yang benar-benar sedang anda kerjakan. Multitasking akan membua load pada cpu semakin besar dan memperpendek usia baterai.
  5. Matikan atau tutup penggunaan eksternal Device(USB,mouse,WIFI, Bluetooth) bila selesai digunakan, karena akan memboroskan baterai laptop anda.
  6. Tambahkan RAM(Random Access memori) pada laptop anda, sehingga anda dapat melakukan pemrosesan data semakin cepat. kapasitas memori yang dihasilkan harddisk sangat terbatas dan standar. Dengan menambahkan memori, berarti menambah pemakaian energi, sehingga mempercepat pemrosesan data terutama saat anda membuka program2 aplikasi yang memakan memori dalam jumlah besar.
  7. Gunakan Harddisk sebagai empat penyimpanan data. Bukan CD atau DVD. Putaran CD atau DVD akan menyedot energi yang besar, bahkan ketika tidak digunakan. sedapat mungkin gunakan hanyasatu tempat penyimpanan data saja.
  8. Bersihkan baterai anda setiap beberapa bulan sekali, dengan lap halus atau alkohol, agar pemindahan dari listrik kebaterai lebih efisien.
  9. Gunakan baterai secara seimbang. jangan baterai lama tidak digunakan, dan jika baterai habis segeralah di charge, jangan dibiarkan lama tidak dicharge, terutama untuk baterai Li-IOn.
  10. Lebih baik mematika laptop jika tidak digunakan dalam waktu lama jangan dibiarkan dalam keadaan standby, karena akan menguras energi baterai laptop.
  11. Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, lebih baik mencopot baterai dan menggunakan listrik karena jika baterai dibiarkan terus di charge padahal isinya sudah penuh, maka akan mengakibatkan baterai menjadi drop.
Sekian trips dari saya, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun