Rabu, 08 Desember 2010

Sulitnya Belajar Ikhlas

Ikhlas, ya siapa yang tidak tahu tentang arti istilah ikhlas. Dari anak - anak sampai orang tua pun tau apa itu ikhlas. Memang kata yang sangat sederhana. Kita pun sering mendengar kata itu terucap dari orang - orang sekitar kita. Tapi sebenarnya kata Ikhlas tidak sesimpel dan semudah itu untuk diaplikasikan ke kehidupan sehari -hari kita. Menerima suatu keadaan dengan lapang dada itu ikhlas. Tapi apakah hanya sebatas itu pengaplikasian dari keikhlasan itu sendiri ?. Saya pasti menjawab "tidak". Sebenarnya ihlas itu adalah sesuatu yang kompleks, sesuatu yang tidak semudah itu dilakukan. Sangat sulit untuk belajar bagaimana kita mengikhlaskan sesuatu pada diri kita. 
Kita sebagai hamba Allah pasti tahu tentang Qada' & Qadar. Kita harus bisa menerima ketentuan dari-Nya yang mungkin menurut kita tidak baik, tapi sebenarnya itulah yang lebih baik untuk kita. Jangan Lupa bahwa
"yang diberikan Allah SWT kepada kita bukanlah hal yang kita inginkan, melainkan sesuatu yang memang penting dan kita butuhkan". Berusaha mengambil semua hikmah dari segala pembelajaran yang diberikan - Nya. Belajar menerima apa yang ditakdirkan untuk kita. Tapi jangan lupa bahwa " Menerima bukan berarti pasrah dan menyerah tanpa ada usaha dari kita untuk menjadi Insan yang lebih muliya dihadapan sesama dan Allah SWT. Saya memang belum bisa menjadi seseorang yang benar - benar bisa ikhlas akan ketentuan - Nya, tapi tidak ada salahnya jika kita saling koreksi diri dan saling sharing untuk bisa saling belajar memahami kehidupan. Biarkan diri ini rela ketika ketentuan-Nya bicara, dan jangan gelisah dengan kisah malam, karena tidak ada kisah di dunia ini yang abadi.
"Belajar Ikhlas memang sulit, namun akan lebih sulit jika kita tidak berusaha untuk melakukannya dan memahami kesulitan tersebut"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar Anda yang membangun